Hy guys welcome to my blog... simple but nice.. i hope you like it
Rabu, 09 November 2011

Internet melipat ruang dan waktu, membuat selatan dan utara seolah tak terbatas, mengubah dunia, mengubah segalanya, termasuk desainer grafis. Judul diatas tidak berlebihan! Ya, desainer grafis memang bisa mendapat penghasilan melalui internet. Bahkan lebih besar dari standar penghasilan rata-rata di Indonesia. Tapi tentu saja tidak semudah kedengarannya. Selain kompetisi yang selalu meningkat dari hari ke hari, desainer dituntut untuk tekun dan bekerja keras dalam mewujudkannya. Berikut kita akan membahas 5 cara yang bisa dipraktekkan desainer grafis untuk mendapat penghasilan melalui internet. 


1) Portofolio Online



Ini mungkin cara paling klasik untuk menghasilkan uang sebagai desainer grafis. Sama seperti di dunia nyata, kamu akan lebih mudah bertemu klien jika kamu membuka sebuah 'toko'. Dalam hal ini, situs/blog adalah sebuah toko tempat kamu memajang karya-karya kamu disana.

Wah, harus bikin website dulu dong!? Tidak juga! Buat kamu yang tidak mempunyai situs atau blog sendiri, alternatifnya bisa menumpang di situs-situs yang menyediakanspace untuk portofolio artis dan desainer, antara lain :


Dengan bergabung dan membuka akun disitus-situs diatas, akan lebih mudah bagi kamu untuk bertemu klien potensial. Tidak hanya dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri.

2) Situs Microstock


Microstock adalah alternatif yang cukup diminati oleh mereka yang menginginkanpassive income dari karya-karya mereka. Passive income? Yup! Sekali submit, karya kamu akan terus dijual berulang-ulang kali. Konsepnya sederhana, kamu membuat file yang siap dijual baik itu ikon, illustrasi, karakter, template, background (dalam format vektor) atau karya fotografi dan menjualnya disana. Disini, kualitas karya sangat memegang peranan. Kamu akan bersaing dengan ratusan ribu desainer lainnya dengan kualitas yang luar biasa. Tapi jangan dulu patah semangat, beberapa skill khusus seperti illustrasi dan menggambar manual bisa jadi diferensiasi yang bagus buat kamu untuk bersaing disana.

Berikut adalah daftar situs-situs microstock terbesar di Internet saat ini :


Berikut adalah resource yang mungkin bermanfaat untuk mulai bergabung dengan situs-situs microstock diatas :



3) Envato Marketplaces



Envato Marketplaces adalah sebuah pasar digital online yang menyediakan wadah untuk jual-beli karya digital seperti karya grafis, template Wordpress, music, video, fotografi, dll. Berbeda dengan microstock, Envato Marketplaces hadir dengan ruang lingkup yang cukup luas dengan kualifikasi dan persaingan yang lebih ketat. Sebagai desainer grafis, ada beberapa katagori di Envato Marketplaces yang mungkin sesuai dengan kualifikasi kita. Berikut beberapa di antaranya :

1) themeforest.net (template mobile, web, dan wordpress)
2) graphicriver.net (template desain, brushes photoshop, dan vector)
3) 3docean.net (stok gambar dan model 3D)
4) photodune.net (stok fotografi)


4) Kontes Desain



Kontes desain juga bisa jadi alternatif untuk menghasilkan uang lewat internet. Meskipun hasilnya untung-untungan (spekulasi), ternyata banyak juga desainer yang berhasil mendapat penghasilan tetap dari sini.

Kontes Desain Logo :
Konsepnya sederhana, sebuah perusahaan yang membutuhkan logo akan menggelar kontes di situs ini, selanjutnya para desainer yang berminat langsung mensubmit karya mereka dengan brief yang disediakan dan waktu yang telah ditentukan. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes desain logo :


Kontes Desain T-shirt :
Mirip dengan kontes desain logo, pada t-shirt, desainer juga mensubmit karya untuk tema tertentu yang telah ditentukan dan deadline yang telah disepakati. Berikut adalah beberapa situs yang menyediakan kontes desain t-shirt :



5) Menulis Tutorial



Buat kamu yang punya kemampuan berbagi tips dan trik desain dengan menulis, kamu bisa mencoba menulis tutorial di situs-situs tutorial online di internet. Beberapa situs menawarkan harga yang lumayan untuk satu tutorial yang dipublish. Ketentuan dan kualifikasinya pun berbeda-beda, jadi kembali kepada kamu untuk menentukan mana yang akan kamu pilih. Berikut adalah beberapa situs yang mau membayar kamu untuk menulis tutorial :


Berikut adalah beberapa resource bermanfaat jika kamu tertarik untuk menulis tutorial di situs-situs diatas :



Well, bagaimana? Pilihan sudah didepan mata, tinggal kamu yang memutuskan. Jika ada yang sudah memulai, silahkan berbagi cerita melalui kolom komentar..

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

BUKU TAMU

CUACA


bloguez.com